Senin, 11 November 2013

0 Indonesia Menjadi Serangan Hacker Terbesar Di Dunia

Date: Senin, 11 November 2013 05.05
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
Perkembangan internet Indonesia nampaknya mengarah kepada hal negatif. Menurut Akamai, Indonesia merupakan sumbernya malware dan serangan hacker pada kuartal kedua tahun ini.
Seperti dilansir oleh Mashable (16/10), Akamai baru saja merilis data mengenai trafik serangan internet di dunia pada semester pertama tahun ini. Hasilnya, Indonesia ternyata menduduki peringkat pertama sebagai penyumbang serangan hacker terbanyak di dunia.
Nama Indonesia sendiri mampu mengalahkan China dengan angka 38 persen. Padahal, selama ini diketahui lingkungan internet China sangat tidak sehat karena saking banyaknya hacker gentayangan di sana.
hacker
Indonesia sendiri sebelumnya tidak diperhitungkan mampu meraih catatan negatif ini. Maklum, sebelumnya serangan hacker Indonesia 'hanya' sebesar 21 persen saja dari total serangan internet di dunia, kalah dengan China yang memiliki sumbangsih 34 persen.
Dalam daftar 10 besar negara dengan internet tak sehat ini sendiri Asia Pasifik adalah sumber ancaman besar di Internet. Total serangan yang dikumpulkan dari Indonesia, China, Amerika Serikat, Rusia, dan Brasil saja angkanya mencapai 81 persen.
Jumlah serangan sendiri menurut Akamai meningkat sangat tinggi pada kuartal kedua tahun ini. Tercatat, peningkatannya hingga 82 persen jika dibandingkan dengan data pada tiga bulan pertama 2013.
Untuk jenis serangan sendiri hacker masih berkutat pada serangan DDoS atau distributed denial-of-service yang efektif mampu meruntuhkan server hingga tidak bisa berjalan normal. Namun, skala serangan DDoS saat ini diketahui lebih besar sehingga mampu membuat kerugian amat besar.
Sementara itu, serangan paling berbahaya dalam 6 bulan belakangan ini dicatat oleh Syrian Electronic Army. Menguasai akun Twitter AP selama beberapa menit, SEA berhasil mengacak-acak pasar saham Wall Street hingga merugi triliunan rupiah.

Sumber : Merdeka.com

Artikel Terkait :



Posting Komentar